Jumat, 31 Januari 2014

PEMUDA DAN PERUBAHAN

Zulfi Trio Pramono - Adm. Publik UNDIP 2011
          Perubahan, merupakan suatu entitas / wujud yang senyatanya menjadi sebuah fenomena yang tak terbantahkan, fenomena yang secara realitas menjadi sebuah ketetapan. Tiada hal yang tidak berubah, kecuali perubahan itu sendiri. Perubahan itu pun menjadi bagian dari perjalanan bangsa Indonesia ini, dimana perubahan itu terus mengawal secara historis perjalanan panjang negara ini dari awal terbentuknya. Indonesia yang telah berumur ini memiliki catatan yang panjang tentang sebuah perubahan, tentang sebuah perwujudan dinamika dalam sebuah lingkungan yang dinamis.
            Perubahan juga merupakan salah satu komoditas hangat yang terus menjadi isu paling gencar untuk digemborkan, semua orang menyerukan perubahan, semua elemen meneriakkan perubahan, semua entitas menegaskan tentang perubahan, semua komponen bangsa menginginkan perubahan, semua lapisan masyarakat menuntut adanya perubahan. Perubahan seakan menjadi tonggak dimana seluruh lapisan, komponen, strata memainkan perannya dalam proses pendewasaan bangsa dan negara. Peran yang jadi lakon strategis dalam menuangkan aksinya ke dalam cawan perubahan. Sebuah drama di mana skenario utamanya dalam perjalanan kisah bangsa ini adalah sebuah perubahan yang terus dielu-elukan menjadi sahabat karib yang baik.skenario perubahan yang dialami oleh bangsa ini bisa kita tengok ke belakang di mulai dari zaman penjajahan, zaman kemerdekaan, berlanjut pada sebuah kepemimpinan yang panjang dari zaman orde lama, kemudian zaman orde baru dan sampai di mana kita berpijak sekarang yakni masa reformasi. Dari berbagai rentetan historis perubahan tersebut harus menjadi bahan refleksi bahwa terdapat peran berbagai elemen masyarakat, termasuk pemuda.
Pemuda merupakan generasi emas yang menjadi garda paling depan tentang sebuah perubahan, pemuda yang mejadi “guardian” (penjaga) gerbang perubahan dengan rajutan asa serta retasan jalan menuju kemajuan dan kejayaan. Pemuda yang juga bagian dari cerita manis perjalanan sejarah bangsa Indonesia dengan perannya yang begitu heroik dan mengesankan, dengan gerakan yang tak kenal takut dan pantang menyerah, menjadi sebuah pemantik kobar semangat abadi perubahan ke arah lebih baik.Pemuda yang senyatanya mejadi entitas lain yang strategis sebagai katalisator perubahan harus sadar bahwa mereka merupakan instrumen  dalam sejarah yang membuktikan bahwa aksi nyata mereka menjadi awal perubahan. Budi Oetomo pada masa perjuangan, Pemuda dalam bingkai “Sumpah Pemuda” pemersatu bangsa, kaum muda pada saat peristiwa kemerdekaan, pemuda dalam retasan reformasi penumbang rezim. Begitu besar cuplikan peran pemuda yang mengawal senbuah perubahan, perubahan yang seyogianya ke arah yang lebih baik. Pemuda sebagai agen perubahan (agent of change), gerenrasi tangguh (Iron Stock), dan pelaku kontrol sosial (Control Social) haruslah berani bangkit, berdiri tegak bersama, dan maju ke depan mejadi aktor utama dalam skenario perubahan bangsa yang lebih baik.






Tidak ada komentar :

Posting Komentar